Search

Rabu, Maret 23, 2011

Bintang Hantu

Bintang hantu adalah nama bintang yang digunakan para ahli astronoi untuk satu jenis bintang yang sangat aneh. Bintang jenis ini tidak dapat memancarkan cahaya samasekali tetapi menir semua yang cukup dekat dengannya dengan gaya gravitasnya yang amat kuat. Semua yang tertarik ke dalamnya langsung lenyap.

Para ahli astronomi berpendapat ada beberapa bintang hantu di luar angkasa tetapi sulit untuk memastikannya, knarena bintang hantu ini tak terlihat. yang harus dicari adalah benda-benda yang jatuh pada bintang tersebut. Sinar X dipancarkan ketika hal tersebut terjadi dan beberapa bintang sinar X yang ditemuka n oleh para ahli astronom mungkin saja merupakan bintang hantu.

Benda yang sangat aneh ini kemungkinan terjadi ketika sebuah bintang meledak. bagian dalam bintang, yang tertinggal setelah ledakan tertairk ke dalam dan terus tertarik lumat dan musnah. sangat sulit membayangkan hal ini terjadi tapi para ilmuan percaya bahwa hal ini dapat terjadi. Bila sesuatu yang besarnya 3 kali berat matahari kita luluh menjadi bintang hantu, gaya grafitasinya sangat kuat sampai-sampai cahayapun ikut tertarik. bila anda melempar bola ke udara, bola tersebut akan jatuh kembali karena gaya gravitasi bumi menariknya. Di sekitar bintang hantu bahkan dapat menarik pancaran cahaya kembali.



Tidak ada komentar: