Search

Senin, Maret 21, 2011

Gletser

Salju di puncak gunung tertinggi dunia tak pernah mencair. Suhu jarang naik di atas titik beku. Tumpukan salju baru menimpa lapisan di bawahnya, sehingga menjadi es. Lalu terbentuklah lapisan es tebal yang disebut padang es. Ada pula salju menumpuk di lembah dan berubah menjadi es. Es itu mengalir ke lereng di bawahnya lewat sungai es yang disebut gletser.  Geraknya sangatb pelan, biasanya kurang dari 1 m sehari. Karena suhu di lereng umumnya lebih hangat, maka gletser pun mencair. Di kutub Utara dan kutub selatan gletser tidak mencair, tetapi bergerak ke laut dan pecah menjadi gunung es tau papan es terapung.

Jutaan tahun lalu selama zaman es terakhir, sebagian besar Amerika utara dan Eropa tertutup padang es. Ketika udara mengahangat sekitar 10000 tahu lalu, sebagian es mencair dan padang es menyusut. Kini padang es hanya ada di Greenland dan Kutub Selatan.

Padang es
Padang es meliputi daerah sangat luas. Bila tebalnya sudah sekitar 60 m, es mulai bergerak karena berat.



Lembah Gletser
Lembah yang dipenuhi es yang bergerak lebih cepat di bagian tengah daripada di sisinya. Permukaan gletser bercelah-celah menganga





Moraine
Gletser mirip dengan sabuk berjalan besar, mengangkut pecahan batuan dari puncak gunung. Batuan besar juga ikut terbongkar dari dasar maupun sisi lembah oleh aliran es. Bahan-bahan yang terangkut ini disebut moraine glacial.



Pembentukan Lanskap
Gletser perlahan-lahan mengikis segala batuan, bahkan batuan terkeras pun. Akibatnya, lanskap berubah.kini ada ngarai, danau, sungai dan air terjun di tempat yang sebelumnya tidak ada

Fyord
Air laut yang naik pada akhir zaman es menenggelamkan ngarai-ngarai yang terbentuk oleh gletser. Ngarai ini disebut fyord. Pantai Norwegia memiliki banyak fyord.

Sirkel
Lembah tempat es berkumpul guna memulai pembentukan gletser disebut sirkle.



Zaman es
Lapisan es tebal menutupi sekitar sepertiga daratan bumi di zaman es terakhir. Lapisan es membentang jauh ke selatan sampai ke St.Louis, Missouri, dan London. Zaman es sudah ada sebelumnya dan di masa mendatang mungkin aka nada lagi.

 


Tidak ada komentar: