Search

Senin, Maret 21, 2011

Sungai



Air mengalir dari daerah yang tinggi dan membentuk celah di batuan, membentuk sungai.  Air sungai biasanya berasal dari gletser yang mencair, danau yang meluap dan mata air pegunungan. Aliran sungai mengubah bentuk permukaan tanah: air mengikir tanah dan akhirnya membentuk lembah yang dalam. Salah satu lembah terdalam yang terbentuk adalah sungai kali gandak di pegunungan Himalaya. Jauh dibawah tanah juga ada  sungai perlahan-lahan mengikis batuann gamping sehingga terbentuklah gua. Sungai terpanjang di dunia adalah sungai Nil dengan panjang 6.670km dan sungai Amazon 6.448 Km.

Air Terjun
Air sungai jatuh lewat patahan batuan keras sehingga terbentuklah air terjun

Anak Sungai
Sungai-sungai kecil yang bermuara ke sungai besar disebut anak sungai

Dataran Banjir
Jauh di hilir sungai ada lembah datar yang disebut dataran banjir, yang terkadang terendam banjir. Kelokan sungai lewat dataran tersebut disebut meander


Delta
Terkadang aliran sungai terpecah ketika sampai ke laut. Sungai mengendapkan lumpur sehingga terbentuklah daratan rata(delta)


Jaringan sungai
Anak sungai bermuara ke sungai induk. Jaringan sungai meliputi seluruh kelompok induk dan anak sungai. Daerah pemisah air atau punggung gunung memisahkan satu jaringan sungai dari yang lain. Aliran anak sungai berlawanan arah pada kedua sisi gunung.

Lembah sungai
Batu dan lumpur yang diangkat sungai bergesekan dengan dasar dan sisi sungai. Sehingga lembah sungai semakin dalam dan lebar murip huruf V.

Ngarai
Air terjun lambat laun mengikis batuan hingga membentuk ngarai


Riam
Air yang mengalir lewat lereng curam berarus deras dan berpusaran yang disebut riam


Sungai Mati
Leher kelokan sungai terpenggal karena tepinya terkikis. Endapan pada kedua ujungnya akhirnya membentuk sebuah telaga.



Tidak ada komentar: