Search

Jumat, Maret 25, 2011

Radar


Radar( Radio Detection And Ranging) dapat memberi tahu posisi suatu objek  tetap atau objek bergarak, bahakan meskipun benda itu terlalu jauh untuk dilihat atau cuaca dalam keadaan buruk.  Radar dapat mendeteksi objek kecil  sekecil nyamuk atau besar sebesar gunung.

Observasi dan perkiraan cuaca terbantu dengan radar, yang dapat mendeteksi datangnya badai atau angin ribut. Ilmuan memakai radar untuk mempelajari atmosfer dan planet. Radat amat hakiki bagi perjalanan ke angkasa, karena memungkinkan pengawas di bumi untuk melacak pesawat itu sebelum mencapai orbit.
Cara keja Radar
Jika anda berteriak dilembah gunung anda mendengar suara gema anda yang dipantulkan oleh dinding disekitarnya. Radar bekerje seperti itu. Radar medeteksi objek dengan memantulkan gelombang radio dari objek itu. Transmiter peralatan radar itu  memancarkan gelombang radio ke langit.  Saat gelombang mengenai sesuatu beberapa gelombang dipantulkan kembali ke arah piringan atau antena radar. Ini diteruskan penerima, yang mengubahnya menjadi sinyal listrik. Alat ini menghitung jarak pesawat dari waktu yang dipakai gelombang untuk kembali. Sebuah sinyal memakan waktu 1/500 detik kemudian kembali dari sebuah pesawat yang berjarak 300 km. sinyal itu tampak seperti suatu titik cerah pada layar kaca. Ini meberikan informasi tentang posisi kepada petugas operator.

Tidak ada komentar: