Search

Jumat, Maret 25, 2011

Waktu Geologis


Berapakah usia bumi? Seberapa lamakah dinosaurus hidup dimasa lalu? Ini adalah pertanyaan yang behubungan dengan waktu geologis. Yaitu cara para ilmuan membagi kumpulan padas. Jumlah waktu yang dibicarakan amat besar- yaitu jutaan tahun atau bahkan  lebih dari juta tahun.
Para ahli geologi menyadari bahwa bumi sudah tua. Mereka dapat menemukan tumpukan tinggi lapis padas yang telah tertata secara perlahan-lahan di atas landas laut. Mereka melihat akibat dari gerakan besar pada kerak bumi yang mengankat massa padas yang besar, melipat-lipatnya, dan membaliknya. Mereka melikat perubahan besar yang terjadi sepanjang waktu dalam kumpulan fosil.
Menjadi jelas bagi ahli geologi (James Hutton 1726-1797) dan ( Charles lyell 1797-1875 ) bahwa lapis pada sedimenter (seperti batuan lumput. Batu pasir, batu kapur) ribuandapat di atur urutan peletakkannya. Batu tertua biasanya ada dibawah tumpukan itu, sedangkan yang lebih muda di atasnya. Mereka melihat bahwa lapis-lapis pada itu menyerupai lapis dalam kue lapis raksasa. Jika anda mengamati sebuah tebing yang tinggi tersusun dari padas sedimenter, anda selalu melihat pola lapis ini.
Hukum pendataan relatif pertama mengasumsikan bahwa pada tertua di suatu wilayah adalah yang terbawah dalam urutan peletakannya. Hukum kedua, merupakan hukum yang penting menyebutkan bahwa fosil dalam padas ini dapat menyebutkan usianya. Segera jelas bahwa sejarah bumi dapat dibagi menjadi ratusan unit waktu, yang masing-masing diwakili oleh seperengkat fosil yang berbeda.  Fosil-fosil tertentu dapat dipakai sebagai pemandu mencari usia padas di bagian bumi manapun. Teknik pendataan relatif masih dipakai dalam industri minyak bumi untuk mengidentifikasi usia padas dari lubang sumur. Bahkan dalam sebuah sampel kecil berisi fosil kecil pun dapat melacak usia sampai beberapa juta tahun.

Tebing di hunstanton, Norfolk, inggris
Menunjukkan 3 lapis pada, masing-masing terbentuk pada waktu yang berbeda di priode Kretaseus.  Batu pasir coklat kuning dibagian dasarnya berusia sekitar 130 juta tahun , batu kapu yang dipuncak berusia sekitar 75 juta tahun

Tidak ada komentar: